Kabaratta.com
Berita Daerah Headline Kabar Luwu Politik

DPRD Luwu Rekomendasikan Pilkades Berlanjut, APDESI Prihatin Nasib Masyarakat di Tengah PPKM

DPRD Luwu Rekomendasikan Pilkades Berlanjut, APDESI Prihatin Nasib Masyarakat di Tengah PPKM

Kabaratta.com, Luwu – Berdasarkan hasil rapat, DPRD Luwu meminta pilkades serentak yang diagendakan pada November mendatang, tetap dilangsungkan.

Permintaan dewan tersebut tertuang dalam surat rekomendasi nomer 170/686/DPRD/VIII/ 2021 yang terbit pada Jum’at 6 Agustus kemarin.

Dalam surat itu, Dewan menyebut jika alasan pilkades terus berlangsung berdasarkan surat kemendagri nomer 141/3351/BPD dan surat no mer 141/3256/BPD diuraikan tentang kriteria dan persyaratan suatu wilayah dipat melakukan penundaan pilkades serentak. Dalam hal ini, menurutnya Luwu masih masuk dalam kategori 2 dan sangat memungkinkan melakukan tahapan Pilkades.

Menanggapi surat rekomendasi yang dikeluarkan DPRD, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Luwu, Arfan Basmin menyampaikan jika pilihan melangsungkan Pilkades ditengah pandemi sangat berbahaya bagi keselamatan warga di Desa.

“Saya berbicara soal nyawa orang dan nyawa orang tidak bisa ditukar dengan apapun,” kata Arfan Saat dikonfirmasi, Sabtu, (7/8/2021) sore.

Arfan menambahkan, jika saat ini masyarkat di Luwu sudah kesulitan dengan Pandemi. Pedagang kecil, usaha kuliner, pedagang pasar, dan ibu-ibu rumahtangga disebutnya sudah sangat merasakan dampak PPKM yang selama ini diberlakukan.

“Masyarakat saat ini sudah sangat menderita, kalau kita lakukan Pilkades ini, lantas kasus meningkat, otomatis PPKM akan naik level. Pasti masyarakat juga yang rasakan dampaknya. yang APDESI lakukan ini adalah mengantispasi kejadian peningkatan, bukan malah kejadian dulu baru diantisipasi,” tambahnya.

Selaku Apdesi, Ia kemudian pertanyakan kesiapan Dewan dalam wujud tandatangan jika ngotot melaksanakan pilkdes di tengah pandemi.

“Begini aja.. bagaimana kalau Pilkades diselenggarakan di bulan November tetapi kami dari Apdesi meminta Beliau (oknum DPRD ) untuk tanda tangan bahwa jika dalam proses Pilkades di laksanakan dan terjadi peningkatan Covid-19, serta meningkatnya kematian akibat cluster Pilkades maka beliau anggota dewan yang terhormat bersedia bertanggung jawab atas rekomendasinya terkait Pilkades dilanjutkan di bulan November ini.?? Kami minta mereka (oknum anggota dewan) bertanda tangan,” kuncinya.

Reporter: M Fatwa
Redaksi: Ahmad

The post DPRD Luwu Rekomendasikan Pilkades Berlanjut, APDESI Prihatin Nasib Masyarakat di Tengah PPKM appeared first on Simpul Rakyat.

Related posts

Pemilihan Ketua Partai Dilakukan Hari Ini, Persaingan Kono dan Kishida Menjadi yang Terdepan

admin

TNI Bakal Hentikan ‘Tes Keperawanan’ Dalam Seleksi Masuk Taruna

admin

Larangan Penonton, Begini Cara Kreatif Warga Jepang Menonton Olimpiade

admin