Kabaratta.com
Bulukumba Bupati Bulukumba phinisi

Forkopimda Bulukumba Terima Kajida Wantannas Bahas Kapal Pinisi Sebagai Warisan Dunia Dari UNESCO

Seorang Siswa SMA 4 Kepulauan Selayar Babak Belur Dikeroyok Temanya, Enam Diduga Pelaku Diamankan Polisi

BULUKUMBA, Kabaratta.com – Bupati Bulukumba menerima kunjungan kerja rombongan Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) dalam rangka pengumpulan data dan informasi terkait Akselerasi Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Pembinaan UMKM Untuk Kemandirian Ekonomi dan Keamanan Nasional di wilayah Kabupaten Bulukumba. (21/9/2021). 

Pada kesempatan itu, Tim Kajida Setjen Wantannas, Mayjen TNI Mohammad Hatta Usmar Rukka menjelaskan bahwa maksud kedatangan timnya ke Bulukumba bertujuan untuk mengkaji dan menganalisa perkembangan kapal pinisi yang ada di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. 

Tim Kajida Setjen Wantannas bersama Pemda Kab. Bulukumba melaksanakan FGD (Fokus Group Discussion) dengan tema ” Optimalisasi peran Pemda dalam mendukung keberadaan pinisi sebagai warisan dunia dari Unesco guna memperkokoh perwujudan poros maritim dunia “. 

“Terkait kedatangan kita kesini yaitu untuk melakukan kajian terhadap pembuatan kapal pinisi yang ada disini. Selain itu, kami juga akan menganalisa kapal pinisi apa saja yang harus mendapatkan dorongan agar menjadi ketahanan nasional. 

Tugas Setjen Wantannas adalah membina ketahanan nasional dan membuat rumusan serta rancangan kebijakan serta strategi nasional. Untuk itu agar tercapai dalam setiap kegiatan maka bagian kajian dan penginderaan membuat saran kepada presiden melalui Setneg tentang situasi nasional yang sifatnya Ipoleksosbudhankam, jadi tugasnya bersifat lingkup nasional,” ungkap Katim Wantannas. 

Bupati menyambut baik kedatangan Wantannas di Bulukumba, menurutnya dengan adanya kunjungan ini maka pemerintah pusat dapat mengetahui apa yang menjadi kendala dan permasalahan daerah dalam melakukan pengembangan kawasan industri utamanya pembuatan kapal pinisi. 

“kita sepakat untuk mempertahankan negara ini tidak hanya menggunakan senjata saja melainkan juga kebutuhan pangan bahkan semua aspek,” ungkap Bupati.(*)

Related posts

Sandiaga Uno Akan Berkunjung Ke Bulukumba Sandiaga Uno Akan Nginap di Bira

admin

Kader HMI Ditangkap, Puluhan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Bulukumba Datangi Polres

admin

Ringankan Beban Masyarakat Dimasa Pandemi, Polres Bulukumba Menyalurkan 4000 Paket Sembako

admin