Kabaratta.com
Nasional

Hiroshima Peringati Bom Atom ke-76 Ketika Olimpiade Bergulir

Hiroshima Peringati Bom Atom ke-76 Ketika Olimpiade Bergulir
Kabaratta.com – Tepat pada hari ini, (6/8) 76 tahun lalu, sebuah bom atom inti uranium bernama ‘Little Boy’ meledak di atas kota Hiroshima pada pukul 8:15 pagi.  Jatuhnya bom atom pertama di Jepang oleh Amerika Serikat mengawali kekalahan Jepang pada perang dunia kedua ketika bom kedua juga meledak di kota Nagasaki.

 

Upacara tahunan yang dipimpin langsung oleh Walikota Hiroshima Kazumi Matsui dimulai pukul 08:15 tepat waktu pengeboman pada 6 Agustus 1945 dengan mengheningkan cipta di Peace Memorial Park.

 

Walikota Hiroshima mendesak para pemimpin dunia untuk beralih dari penggunaan nuklir ke dialog pembangunan kepercayaan dengan perjanjian untuk melarang penggunaan senjata nuklir.

 

Matsui menekankan bahwa kotanya tidak akan pernah berhenti untuk melestarikan fakta-fakta bencana dan mempromosikan budaya perdamaian di seluruh dunia.

 

“Senjata nuklir adalah kekerasan manusia yang paling utama. Jika masyarakat sipil memutuskan untuk hidup tanpanya, pintu menuju dunia bebas senjata nuklir akan terbuka lebar.” Kata Matsui setelah upacara.

 

Sebelum upacara, banyak orang mengunjungi taman di pagi hari untuk mempersembahkan doa dan bunga kepada mereka yang menderita akibat pengeboman.

 

Mika Tanaka (45), yang kakeknya seorang penyintas bom atom mengatakan bahwa dia membawa ketiga anaknya ke taman setiap tahun untuk memastikan mereka tidak pernah melupakan pelajaran dari masa lalu.

 

“Warga Hiroshima memiliki peran untuk menghubungkan generasi mendatang. Dalam kehidupan kita sehari-hari, sangat mudah untuk melupakan bahwa sebuah bom dijatuhkan di kota kita karena kita tidak mengalaminya secara langsung.” Katanya.


Pada Olimpiade Tokyo yang sedang berlangsung, para atlet dan ofisial tidak diminta untuk mengheningkan cipta meskipun ada permintaan dari pemerintah kota Hiroshima dan kelompok lain agar mereka berpartisipasi dalam semangat perdamaian dunia.

 

Sumber: JapanToday

 

Tags: Bom Atom Hiroshima, Bom Atom Nagasaki, Perang Dunia II.

Related posts

Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Semeru 2021, Kapolda Jatim: Jaga Sinergitas, Sabar dan Komunikasi

admin

Usai Daftar Cakades Puncak Indah, Taufiq Setiawan: Siap Mengabdi Melayani Masyarakat

admin

Tarif Parkir Rp150 Ribu pada Hari Ojol Ideal Diterapkan di Lokasi Rawan Macet

adminredaksi