Kabaratta.com
anggota dpr dpr ri Headline Indonesia Jaksa Pinangki Kasus Korupsi komisi III dpr ri Korupsi Pejabat Politik

Kasus Pinangki Harus Melakukan Evaluasi, Ini Kata Anggota Komisi III DPR RI

Kasus Pinangki Harus Melakukan Evaluasi, Ini Kata Anggota Komisi III DPR RI



Kabaratta.com – Kasus Pinangki Sirna Malasari menyita perhatian publik, dikarenakan rendahnya vonis hukuman.

Anggota komisi III DPR RI Hinca IP Pandjaitan mengatakan hal tersebut wajib melakukan evaluasi.
” Peristiwa ini wajib dievaluasi, bagaimanapun Kejaksaan RI adalah lembaga penegak hukum, sehingga tidak mau menjadi salah satu wajah penegakan hukum di tanah air ” Ujar Hinca IP Pandjaitan tertulis dalam rilis di laman resmi Parlementaria, Sabtu (7/8/2021).
Hinca mengungkapan, kasus Pinangki baru dilakukan pemecatan, masyarakat beranggapan pemecatan Pinangki setelah didesak oleh publik. 
Desakan pemecatan disampaikan oleh masyarakat anti korupsi Indonesia (MAKI) yang mengatakan ke publik fakta bahwa Pinangki masih menerima gaji, dan masih berstatus ASN.
Lanjut Hinca menyarankan harus melakukan perbaikan di tubuh Kejaksaan RI, agar lebih profesional dalam menyelesaikan suatu perkara.
Oknum yang berasal dari Kejaksaan RI terbukti bersalah secara hukum, sudah menjadi kewajiban dari pihak kejaksaan untuk bertindak tegas dalam menyelesaikan kasus Pinangki.
” Jangan sampai ada anggapan dari masyaraka bahwa ada pihak yang diistimewakan hanya karena pangkat dan kedudukannya. Ingat prinsip equality before the law adalah kunci negara hukum berkeadilan ” Ucapannya.
Pinangki divonis di pengadilan tinggi Jakarta pada tanggal 14 Juni 2021, sementara resmi dipecat pada tanggal 5 Agustus 2021.
Argumentasi dari kejaksaan RI menyatakan bahwa proses pemecatan kepada Pinangki menunggu status inkracht setelah jaksa dan Pinangki dipastikan tidak melakukan kasasi.
Dilansir dari laman Parlementaria,  status inkracht hanya 14 hari, maka secara normatif, keputusan atas pemecatan Pinangki dengan tidak hormat sudah dapat dikeluarkan dari Jaksa pada bulan Juli 2021.
(Sumber : Parlementaria | Foto : Jaksa Pinangki/antara foto/Reno Esnir)

Related posts

Lawan Genk, David Moyes Akan Jalani Pertandingan ke-1.000 Sebagai Manajer

admin

Usai Alih Kelola, Produksi WK Rokan Meningkat

admin

Lirik dan Chord Kembali Pulang – Kangen Band

admin