Kabaratta.com
Nasional

Kemnaker dorong BLK Kendari ciptakan tenaga kerja sesuai kebutuhan pasar

kabaratta.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Budi Hartawan mendorong Balai Latihan Kerja Kendari agar mampu menciptakan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

“Kita harus menggali apa yang dibutuhkan oleh para investor yang masuk di Provinsi Sulawesi Tenggara, ini yang harus kita susun kurikulum-kurikulumnya (kejuruan) sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan,” kata Budi saat memberikan pengarahan kepada ASN dan PPNPN BLK Kendari, di Kendari, Kamis.

Ia menyampaikan bahwa BLK Kendari harus mampu menciptakan calon pencari kerja yang terampil sesuai dengan kebutuhan pasar kerja saat ini, khususnya sesuai dengan yang diinginkan para investor yang masuk di daerah tersebut.

Menurutnya, BLK Kendari saat ini sudah memiliki kejuruan-kejuruan yang dibutuhkan oleh masyarakat, tetapi kondisi pasar yang berubah mengakibatkan diharuskan melakukan pengembangan pengembangan kejuruan yang diperlukan sesuai kebutuhan pasar.

“Informasi pasar kerja menjadi acuan kita untuk menyusun kurikulum kurikulum pelatihan yang ada di BLK Kendari,” tutur Budi.

Oleh karena itu, ia menyarankan perlu adanya pengembangan yang bisa didorong oleh semua pihak termasuk pimpinan daerah yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara agar BLK Kendari ini bisa terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya peningkatan kompetensi kepada seluruh pencari kerja dan tenaga kerja yang ada di provinsi itu.

“Kita lihat kejuruan-kejuruan yang ada di Sulawesi Tenggara ini tentu alat berat yang sangat dibutuhkan oleh tambang dan mungkin keterampilan-keterampilan lain seperti las di tambang dan lain-lain, itu akan kita kembangkan kedepannya,” ujarnya.

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan Budi Hartawan (tengah) saat kunjungan kerja di BLK Kendari, Kamis (21/1/2021).

Ia menyampaikan dalam mendukung peningkatan keterampilan siswa pelatihan yang ada di BLK, pihak Kementerian Ketenagakerjaan akan men-suport dengan pengadaan fasilitas gedung dan alat-alat yang akan dibutuhkan dalam meningkatkan keterampilan para siswa pelatihan.

“Di BLK nanti kita akan support baik itu gedung-gedungnya maupun peralatan yang diperlukan untuk kejuruan-kejuruan atau keterampilan yang diperlukan,” jelasnya.

Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu mengatakan akan segera menindak lanjuti arahan dari Dirjen Binalattas dengan melakukan rapat dan berkoordinasi bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Tenggara.

“Insya Allah kita akan kaji lebih dalam lagi pada rapat internal kami untuk menindaklanjuti arahan Bapak Dirjen kepada kami,” kata La Ode Haji Polondu.

Related posts

Tak Kenal Waktu, Petugas Gabungan TNI Polri Gelar Vaksinasi Malam Hari

admin

Kodim 0826 Pamekasan Kembali Gelar Kegiatan Vaksinasi Masal Di Kantor LDII Desa Ceguk

admin

Hilang Sehari, Matias Bala Ditemukan Tewas di Sawah dengan Luka Bacokan

adminredaksi