Kabaratta.com
Headline Indonesia Pinjaman Online Ilegal

Ketipu Pinjaman Online, Berikut 7 Tips Menghindari Pinjaman Online Ilegal

Ketipu Pinjaman Online, Berikut 7 Tips Menghindari Pinjaman Online Ilegal

Kabaratta.com – Para pelaku usaha yang baru ingin merintis kadang kala kebingungan dengan modal usaha. Biasanya mereka akan meminjam melalui bank dengan segudang persyaratan yang sulit.

 

Maka dari itu, muncul orang-orang yang mendasari menjadi pencetus pinjaman online dengan syarat yang mudah dan cepat. Tetapi, dengan kemudahan yang didapat, berbanding terbalik dengan risiko yang akan dihadapi jika kita salah memilih situs atau perusahaan pinjol sebutannya secara acak.

 

Saat ini, banyak situs pinjol mulai gencar meneror masyarakat dengan membombardir pesan singkat atau sms mempromosikan dan menarik nasabah secara acak. Berikut 7 tips menghindari pinjaman online illegal yang dilansir dari Kominfo:

 

1. Hindari Iklan Ajakan Mencolok

Banyak dari korban pinjaman online illegal mengikuti pinjaman online dari pesan seperti ini. Laporkan nomor tersebut kepada pihak yang berwenang.

 

2. Cek Pinjaman Dari Situs Resmi Ojk.Go.Id

Gunakan fintech (financial technology) peer to peer lending resmi, yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan hanya karena di aplikasi ada logo OJK langsung percaya begitu saja.

 

3. Pastikan Legalitas Dan Rekam Jejak Digital

Cek legalitas dan rekam jejak digital perusahaan pinjaman online tersebut untuk memastikan alamat kantor atau pengurus yang jelas.

 

4. Hindari Peminjaman Dengan Fee Besar

Hindari peminjaman dengan fee besar, jangan mudah terpengaruh dengan iklan aneh yang mengatasnamakan OJK atau fintech tertentu

 

5. Teliti Syarat Dan Ketentuan Berlaku

Beberapa pinjaman online melakukan pemerasan dengan secara tidak langsung. Wajib teliti dulu syarat dan ketentuan jangan sampai terjebak.

 

6. Download Aplikasi Di Penyedia Layanan Aplikasi Resmi

Pastikan download di platform resmi, seperti Googleplay atau AppStore, bisa juga download melalui web resmi penyedia fintech.

 

7. Waspada Penyalahgunaan Data Pribadi

Hindari persyaratan pinjaman online yang meminta izin untuk mengakses kontak smartphone, foto kartu atm, sampai foto selfie memegang kartu identitas.

 

Waspada pada jebakan kemudahan dalam melakukan suatu pinjaman, bijak-bijak dalam memilih jika ingin melakukan pinjaman online. Jika perlu, catat nomor customer carenya dan nomor pengaduan dari OJK untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.


Sumber: Kominfo


Tags: Pinjaman Online Ilegal, Daftar Aplikasi Pinjol, SMS Teror Perusahaan Pinjol.

Related posts

Lars Vilks Seorang Pembuat Animasi Nabi Muhammad, Meninggal Dunia Karna Kecelakaan

admin

Perut Buncit Bikin Insecure? Ini Tips Olahraga Terbaik Cepat Kecilkan Perut!

admin

Lirik dan Chord Kucinta Kau Apa Adanya – Once Mekel

admin