Kabaratta.com
Filipina Headline internasional Pemilihan Filipina Politik Presiden Filipina

Mantan Petinju Legendaris, Manny Pacquiao Maju Jadi Calon Presiden Filipina

Mantan Petinju Legendaris, Manny Pacquiao Maju Jadi Calon Presiden Filipina
Kabaratta.com – Bintang tinju Manny Pacquiao (42) akan mencalonkan diri sebagai presiden Filipina tahun 2022 setelah menentang tindakan Rodrigo Duterte yang hubungannya lebih dekat dengan China.

 

Pacquiao dinominasikan sebagai kandidat oleh faksi Partai PDP-Laban, partai yang sebelumnya mengusung Duterte menjadi calon wakil presiden dengan menemani Senator Christopher Bong Go sebagai calon presidennya.

 

Duterte dipilih untuk mencalonkan diri bersama Bong Go, tetapi Go mengatakan dia tidak ingin menggantikan Duterte. Sementara partai pengusungnya mengatakan Go harus mempertimbangkan kembali keputusannya.

 

Keputusan majunya Pacquiao sebagai presiden Filipina berimplikasi pada perebutan jalur perairan yang juga termasuk geopolitik Laut China Selatan.

 

Pacquiao menentang perlakuan Duterte yang tidak tegas terhadap China, ketika China membangun pangkalan militer diatas terumbu karang dekat Filipina.

 

Pacquiao sudah diperkirakan akan maju mencalonkan diri menjadi presiden Filipina dengan menempel pesaing lainnya. Namun masyarakat Filipina secara konsisten lebih condong mendukung putri Duterte, Sara Duterte-Carpio untuk menjadi pemimpin selanjutnya.

 

Pacquiao adalah salah satu petinju paling terkenal dalam sejarah yang memegang kejuaran dunia dalam empat dekade berbeda. Pacquiao juga merupakan satu-satunya pria yang memegang gelar juara dunia di delapan divisi berbeda.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Pemilihan Filipina, Presiden Filipina, Petinju Legendaris, Manny Pacquiao.

Related posts

Kunjungan Kerja Hari Ke-2 Di NTB, Presiden Jokowi Akan Meresmikan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat

admin

Pertemuan Langsung Pertama Anggota Quad, Bahas Infrastruktur Hingga Vaksin

admin

Jokowi Optimis Ekonomi Membaik Pada Kuartal II 2021

admin