Kabaratta.com
afghanistan Headline internasional Perang Saudara Perang Taliban

Membunuh Pejabat Pemerintahan, Taliban Kuasai Ibukota Provinsi Afghanistan

Membunuh Pejabat Pemerintahan, Taliban Kuasai Ibukota Provinsi Afghanistan
Kabaratta.com – Taliban berhasil taklukkan ibu kota provinsi Afghanistan dengan membunuh pejabat media senior pemerintah Kabul di tengah situasi keamanan yang memburuk saat AS dan pasukan asing lainnya mundur dari pos militer mereka di Afghanistan.

 

Juru bicara kepolisian di provinsi Nimroz selatan mengatakan ibu kota Zaranj telah jatuh ke tangan kelompok Islam garis keras karena kurangnya bala bantuan dari pemerintah yang didukung Barat.

 

juru bicara gerilyawan Taliban mengatakan di Twitter bahwa mereka telah menguasai rumah gubernur, markas polisi dan gedung-gedung resmi lainnya. Dalam beberapa bulan terakhir, mereka juga menekan beberapa ibu kota provinsi, termasuk Herat di barat dan Kandahar di selatan, saat pasukan asing ditarik.

 

Zaranj adalah ibu kota provinsi pertama yang jatuh ke tangan Taliban sejak Amerika Serikat mencapai kesepakatan dengannya pada Februari 2020 untuk penarikan pasukan AS.

 

Sumber-sumber Taliban mengatakan perayaan atas jatuhnya Zaranj akan mengangkat moral para pejuang mereka. Seorang komandan Taliban mengatakan Zaranj memiliki kepentingan strategis karena berada di perbatasan dengan Iran.

 

Di Kabul, penyerang Taliban membunuh Dawa Khan Menpal, kepala Pusat Media dan Informasi Pemerintah, dalam serangkaian pembunuhan terbaru yang bertujuan untuk melemahkan pemerintahan Presiden Ashraf Ghani yang terpilih secara demokratis.

 

Puluhan aktivis sosial, jurnalis, birokrat, hakim dan tokoh masyarakat yang berjuang untuk mempertahankan pemerintahan Islam liberal telah dibunuh oleh pejuang Taliban dalam upaya untuk membungkam perbedaan pendapat.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Perang Taliban vs Afghanistan, Taliban vs AS, Kapan Perang di AfghanistanSelesai.

Related posts

Agensi Bantah Rumor Kencan Jinyoung D1CE dan Heejin Loona

admin

Dapat Suara Mayoritas, PM Thailand dan 5 Menterinya Selamat Dari 'Mosi Tidak Percaya'

admin

Selamat, Aldi Taher dan Salsabilih Dikaruniai Anak Perempuan

admin