Kabaratta.com
amerika serikat Headline hubungan bilateral internasional

Menlu AS dan Indonesia Bertemu, Bahas Covid-19 Hingga Laut China Selatan

Menlu AS dan Indonesia Bertemu, Bahas Covid-19 Hingga Laut China Selatan
Kabaratta.com – Pertemuan antara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat pada hari Selasa, (3/8) membahas ‘dialog strategis’ dan juga berkomitmen untuk bekerja sama dalam isu-isu yang lebih luas.

 

Departemen Luar Negeri mengatakan pertemuan tersebut juga menyinggung beberapa hal diantaranya, kerja sama penanganan memerangi wabah Covid-19, krisis iklim, dan meningkatkan hubungan perdagangan dan ekonomi bilateral.

 

Kedua belah pihak sepakat untuk membangun ‘kemitraan strategis’ pada tahun 2015, tetapi Blinken mengatakan bahwa pembicaraan baru benar-benar dimulai.

 

“Indonesia adalah mitra demokrasi yang kuat bagi Amerika Serikat, kami bekerja sama di banyak bidang yang berbeda.” Kata Blinken saat diwawancarai.

 

“Kemitraan yang kuat dengan Indonesia akan menjadi aset utama untuk meningkatkan keterlibatan Anda di kawasan ini. Amerika Serikat adalah salah satu mitra penting bagi ASEAN dalam menerapkan pandangan Indo-Pasifik.” Kata Retno dalam wawancara yang sama.

 

Departemen Luar Negeri juga merilis beberapa pernyataan pada pertemuan itu dengan mengatakan keduanya membahas langkah-langkah untuk pemulihan pandemi. Blinken mencatat Washington telah menyumbangkan 8 juta dosis vaksin dan beberapa fasilitas kesehatan ke Indonesia.

 

Selanjutnya mereka juga menyatakan tentang ‘keamanan maritim’ dan berkomitmen untuk mempertahankan kebebasan navigasi di Laut Cina Selatan, dan melanjutkan kolaborasi dalam keamanan siber untuk mencegah kejahatan siber.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Hubungan Bilateral AS dan Indonesia, Konflik Laut China Selatan, Penanganan Pandemi.

Related posts

Lirik dan Chord Lagu Dia – Anji

admin

Menteri Taro Kono Raih Popularitas Diantara Pemilih Usia Muda

admin

Resmi Pimpin Barcelona, Xavi: Kami Harus Memulihkan Para Pemain

admin