Kabaratta.com
Nasional

Miris! Dikdasmen Gowa Terbitkan SK Seumur Hidup

Kabaratta.com – Pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dilingkup MI Muhammadiyah Kabupaten Kab. Gowa, diduga bermasalah.

Pasal proses pencairan bantuan tersebut kuat dugaan tidak sesuai aturan yang berlaku.

Salah satunya, pencairan dana tersebut diduga tidak menggunakan petikan Surat Keputusan (SK) kepala sekolah.

Sebab, SK Plt bernomor No: 512/KEP/III. 4/D/2020 pengangkatan Halim Y, S. Pd, M. Pd sebagai Plt kepala MI Muhammadiyah Ballatabbua Kec. Bajeng Barat Kab. Gowa sampai detik ini belum diterbitkan SK definitif .

Kepala sekolah MI Muhammadiyah Ballatabbua saat dikonfirmasi 31/12/2020 menjelaskan kalau sebelumnya menjabat dua periode disekolah tersebut, dan diakui benar adanya kalau SK Plt No.512/KEP/III. 4/D/2020 dimana dalam Surat Keputusan tidak tertuang masa waktu jabatan,

Berlanjut Sabtu 2/1/2021 saat mengkonfirmasi lewat via whatsApp bapak Nurdin selaku kepala sekolah MI Muhammadiyah Sicini Kec. Parigi Kab. Gowa menjelaskan bahwa SK yang dimilikinya tercamtum batas waktu mulai dari juli berakhir 31 desember, yang ditanda tangani oleh Muh. Bahar S. Pd selaku ketua Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) Gowa.

Ironisnya aturan yg dibuat secara sepihak oleh pengurus dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) gowa bahwa kepala sekolah Muhammadiyah tidak bisa menjabat sampai 3 periode yang hanya dibatasi hanya 2 periode , justru aturan pimpinan pusat Muhammadiyah, peraturan diknas dan peraturan kementrian agama membolehkan 3 periode pada sekolah yg sama dan 4 periode pada sekolah yang lain.

Sementara mandat sebagai Plt yang sudah berjalan kurang lebih 6 bulan dan menerima SK Plt yang bernomor No.512/KEP/III. 4/D/2020 yang dikeluarkan oleh sekertaris pendidikan dasar menengah (DIKDASMEN) gowa, itupun ada yang ganjal karena Surat Keputusan (SK) tersebut tidak diuraikan batas waktu sebagai pelaksana tugas yang tentunya bisa saja ditafsirkan SK seumur hidup yang pertama kali terjadi di Indonesia.

Yang jadi sorotan hingga saat ini atas keistimewaan yang didapat Kasek MI Muhammadiyah Ballatabbua dimana dalam uraian SK tersebut tidak diuraikan nya batas waktu SK Plt tersebut berbeda dengan SK Plt MI muhammadiyah Sicini kecamatan Parigi Kab. Gowa yang tercantum masa jabatan Plt dari July hingga berakhir desember.

“Salah satu syarat pencairan BOS itu adalah Surat Keputusan (SK) definitif, sementara saat ini kepala sekolah MI Muhammadiyah Ballatabbua Kec. Bajeng Barat Kab. Gowa hanya diberi mandat sebagai Plt.

Meskipun hanya berdasarkan SK Plt Pihak Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM GOWA) tetap memberi akses ke bank untuk mencairkan dana Biaya Operational Sekolah (BOS) sekolah tersebut, namun pihak bank tetap memproses, ” mestinya pihak bank hati-hati Dan menunggu keluarnya petikan SK definitif. karena ini menyangkut keuangan negara,” tegasnya.

“Ini bisa dikategorikan melanggar uu no 40 tahun 2014 tentang administrasi pemerintahan. Dalam BAB II pasal 2. Undang-Undang tentang Administrasi Pemerintahan dimaksudkan sebagai salah satu dasar hukum bagi Badan atau Pejabat Pemerintahan,

Warga Masyarakat, dan pihak-pihak lain yang terkait dengan Administrasi Pemerintahan dalam upaya meningkatkan
kualitas penyelenggaraan pemerintahan.

“Sebab menurut sumber kuat dugaan ada pelanggaran dalam proses pencairan BOS MI Muhammadiyah Ballatabbua Kec. Bajeng Barat Kab. Gowa disinyalir melabrak aturan, ” ungkapnya

Sementara dilain tempat, hari kamis 31/12/2020 saat dikonfirmasi lewat via telepon selulernya H. Abdul Hafid selaku Kasi Pendma (Depag Gowa) menjelaskan “bahwa mengenai SK Plt yang dimaksud itu merupakan internal Muhammadiyah”, pungkas Kasi Pendma (Depag) Kab. Gowa dan rilis di terima dari TRC MG. Minggu 3/01/2021.

“Untuk itu, pihak tim TRC MG mendalami masalah ini, apabila memang ada unsur pidana maka tim TRC MG akan membentuk tim Investigasi bekerja sama pihak-pihak terkait, untuk menindak lanjuti masalah tersebut,” tuturnya.

(**)

Related posts

Jelang Larangan Mudik, Kasus Aktif Covid-19 di Jakarta Naik

adminredaksi

Aidi Ariful Menjadi Pemain Terbaik Dalam Turnamen Sepak Bola Simbang Ini Pesan Ketua Pssi Maros

[email protected] useradmin

Baru 3 Bulan Dilantik, Bupati Koltim Terjaring OTT .!

admin