Kabaratta.com
china Cuaca Ekstrem Headline internasional Perubahan Iklim

Pelabuhan Ditutup, Cuaca Ekstrem Kembali Terjang Pesisir Pantai di China

Pelabuhan Ditutup, Cuaca Ekstrem Kembali Terjang Pesisir Pantai di China
Kabaratta.com – China kembali mengalami cuaca buruk dalam beberapa hari terakhir. Angin kencang dan hujan lebat menerjang tepat di China bagian Tenggara setelah kedatangan Topan Lupit sejak Kamis, (5/8) waktu setempat.

 

Topan Lupit yang memiliki arti ‘Kekejaman’ dalam bahasa Tagalog mendarat di provinsi Guangdong dan bergerak ke provinsi Fujian melalui jalur timur laut. Topan Lupit membawa hujan lebat ke provinsi Fujian dengan membasahi lebih dari 435 mil sepanjang garis pantai.

 

Pemerintah kota segera mengevakuasi puluhan ribu masyarakat sekitar pesisir pantai dan menutup sementara pelabuhan serta menarik kembali kapal penangkap ikan ke daratan.

 

Kantor berita resmi Xinhua melaporkan lebih dari 33.000 orang di Guangdong telah dibawa ke zona aman dan lebih dari 3.000 kapal penangkap ikan kembali ke pelabuhan.

 

Provinsi Fujian juga mengevakuasi 25.000 orang dari daerah berbahaya dan menarik kembali 153 perahu nelayan. Sebanyak 218 pelabuhan dan tempat wisata tepi laut ditutup sementara.

 

Curah hujan yang sangat deras hingga 280 mm diperkirakan akan melanda Fujian. Topan Lupit juga diperkirakan akan terus berputar ke utara dan melintasi Selat Taiwan dengan membawa hujan lebat ke Taiwan dalam beberapa hari ke depan.

 

Bulan lalu, badai hebat membanjiri provinsi Henan di China tengah, menewaskan 302 orang. Sebagian besar korban tewas berada di ibu kota provinsi Zhengzhou, di mana curah hujan yang setara dengan hampir satu tahun turun dalam tiga hari.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Cuaca Ekstrem di China, Perubahan Iklim, Hujan Lebat dan Deras di China.

Related posts

Para Pejabat AS, Korsel, Dan Jepang Akan Mengadakan Pertemuan Untuk Membahas Menganai Korea Utara

admin

Mulai 4 Desember 2021, Satlantas Polres Metro Depok Akan Melakukan UjiCoba Sistem Ganjil-Genap Di Ruas Jalan Margonda Raya

admin

WK Rokan Berhasil Sumbangkan Rp 2,7 Triliun Untuk Penerimaan Negara

admin