Kabaratta.com
Daerah

Pemberian Remisi Kesejumlah Napi di Lapas Takalar Tanpa Dihadiri Pejabat Pemkab, Dipertanyakan ?!

Kabaratta.com-Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Takalar memberikan remisi kebeberapa narapidana umum dan napi anak di bawah umur dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75 tahun 2020, Senin (17/8/2020).

Pada penyerahan remisi tersebut, tak ada satupun perwakilan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar, termasuk Bupati Takalar selaku kepala daerah.

Padahal, pemberian remisi kepada narapidana umum dan napi anak di bawah umur itu seharusnya dihadiri oleh salah satu pejabat Pemkab Takalar dalam hal ini Bupati atau yang mewakili.

“Seharusnya Pak Bupati hadir dalam acara pemberian remisi umum kepada narapidana dan anak ini atau Pak Wabup, atau yang mewakili,” kata Kalapas Kelas II B Takalar Mansyur.

Ketidakhadiran Bupati Takalar pada acara pemberian remisi kepada para narapidana tersebut, belum diketahui secara pasti penyebabnya, sebab kata Mansyur tidak ada penyampaian ke Lapas Takalar bahwa Bupati Takalar tak bisa hadir pada acara ini.

“Kita sudah berikan undangan, tetapi entah apa alasan beliau sehingga tak bisa hadir di acara pemberian remisi umum narapidana ini. Atau mungkin beliau ada halangan, Wallahu alam,” ujar Mansur.

Ditambahkan Mansyur, remisi atau pengurangan masa pidana diberikan kepada narapidana telah diatur dalam UU nomor 13 tahun 1995 tentang pemasyarakatan.

“Sebanyak 192 narapidana Lapas Klas IIB Takalar mendapatkan hadiah remisi pada Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan, kita rangkaikan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI yang ke-75, yang dilaksanakan seluruh UPT, lembaga pemasyarakatan dan rutan di seluruh wilayah Indonesia,” tambah Mansyur.

Dia juga menyebutkan, remisi yang diberikan kepada narapidana tersebut yang telah menjalani pidana minimal enam bulan dan tiga bulan bagi anak didik pemasyarakatan.

Sebanyak 192 narapidana Lapas Klas IIB Takalar mendapatkan hadiah remisi pada Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan.

“Pemberian remisi terdiri atas remisi 1 bulan sebanyak 1 orang. Remisi dua bulan sebanyak 33 orang. Remisi tiga bulan sebanyak 34 orang.Kemudian remisi empat bulan sebanyak 90 orang. Remisi lima bulan 14 orang. Remisi enam bulan sebanyak 20 orang” tutupnya

Pada acara pemberian remisi umum kepada narapidana tersebut, turut hadir, yakni Ketua Pengadilan Negeri Takalar Arwana SH, MH, Ketua Pengadilan Agama Takalar Adhayani Saleng Pangesongan, S.Ag, Kabag OPS Polres Takalar Kompol B Daeng Mangitung, dan Kasdim 1426 Takalar Mayor Arm. Arfan Touwasi.

(DS)

Related posts

Konferkab PWI Parepare-Barru yang Berkualitas, DPS Harus Clear and Clean

admin

DPK KNPI Minasatene Gelar Turnamen Sepak Takraw Diikuti 16 Tim

admin

Peduli, Sat Lantas Polres Maros, Berbagi Paket Vitamin dan Rapid Test Ke Pengguna Jalan

[email protected] useradmin