Kabaratta.com
covid-19 Global Headline Imunitas internasional Vaksin Sinovac Varian Delta

Peneliti Temukan Antibodi Vaksin Covid-19 Sinovac Hilang Setelah Enam Bulan

Peneliti Temukan Antibodi Vaksin Covid-19 Sinovac Hilang Setelah Enam Bulan
Kabaratta.com – Penelitian yang dilakukan di laboratorium di China mengemukakan pernyataan yang mengejutkan dengan mengatakan orang yang disuntik vaksin Covid-19 Sinovac memudar dibawah ambang batas utama sekitar enam bulan setelah suntikan dosis kedua.

 

Mereka melakukan penelitian dengan menggunakan sampel darah dari orang dewasa antara 18-59 tahun. Di antara peserta yang menerima dua dosis 2-4 minggu setelahnya hanya 16,9% dan 35,2% masing-masing masih memiliki antibodi penetralisir di atas ambang batas utama.

 

Para peneliti mengatakan tidak jelas bagaimana penurunan antibodi akan mempengaruhi efektivitas suntikan, karena para ilmuwan belum mengetahui secara tepat ambang batas tingkat antibodi untuk vaksin agar dapat mencegah penyakit.

 

Peneliti juga menambahkan terlepas dari antibodi yang tahan lama, komponen lain dalam sistem kekebalan manusia seperti sel T dan memori sel B yang ditimbulkan oleh vaksin juga dapat berkontribusi pada perlindungan.

 

Peneliti menyarankan untuk memprioritaskan dalam jangka pendek hingga menengah untuk memastikan lebih banyak orang menyelesaikan jadwal dua dosis vaksin Sinovac sebelum dilaksanakannya dosis vaksinasi ketiga.

 

Peserta dalam beberapa kelompok yang menerima dosis ketiga suntikan Sinovac sekitar enam bulan setelah yang kedua menunjukkan peningkatan sekitar 3-5 kali lipat tingkat antibodi dibandingkan dengan tingkat yang terlihat empat minggu setelah suntikan kedua.

 

Indonesiatelah mulai memberikan suntikan pendorong yang diproduksi oleh Moderna kepada para pekerja medis bulan ini termasuk mereka yang telah menerima dosis kedua Sinovac.

 

Menteri Kesehatan Filipina Francisco Duque mengatakan belum ada rekomendasi dari panel ahli vaksin negara itu untuk memberikan suntikan booster tetapi para ahli sedang mendiskusikan kemungkinan tersebut.

 

Turki telah mulai menawarkan dosis ketiga dari Sinovac atau Pfizer kepada beberapa orang yang telah mendapatkan suntikan Sinovac.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Vaksinasi di Dunia, Vaksinasi Ketiga, Sinovac Gagal Lawan Varian Delta.

Related posts

Sanae Takaichi Umumkan Pencalonannya Menjadi Perdana Menteri Jepang Pertama

admin

Lirik dan Chord Dan – Sheila On7

admin