Kabaratta.com
10 negara asean 11 negara anggota asean anggota asean ASEAN Dunia Headline jumlah anggota asean kepanjangan asean tujuan asean

Pertemuan Kedua ASEAN Post Ministerial Conference, Wamenlu : Dorong Kerjasama Vaksinasi dan Terciptanya Situasi Geopolitik

Pertemuan Kedua ASEAN Post Ministerial Conference, Wamenlu : Dorong Kerjasama Vaksinasi dan Terciptanya Situasi Geopolitik



Kabaratta.com – Pertemuan ASEAN Post Ministerial Conference (PMCs) 10+ di hari kedua telah dilaksanakan kembali. 

Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra mengatakan dalam pertemuan di hari kedua, Indonesia mendorong kerjasama pada vaksinasi Covid-19 dan kesehatan, serta terciptanya situasi geopolitik untuk pemulihan ekonomi.
” Masih terdapat perbedaan mencolok dalam akses vaksin secara global ” tegas Mahendra. 
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Indonesia dalam PMCs mengsulkan penjajakan kerjasam riset dan produksi vaksinasi antara ASEAN dengan perusahaan di negara mitra yang memiliki lisensi produksi vaksin dan obat-obatan untuk menangani Covid-19. 
ASEAN saat ini telah memiliki kerangka untuk mendukung mobilitas tersebut, yakni; ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework (ATCAF).
Kemudian terkait stabilitas geopolitik, Wamenlu RI menghimbau kembali bahwa pentingnya East Asia Summit sebagai penggerak utama stabilitas kawasan.
” Ini saat tepat bagi kita untuk mewujudkan ASEAN Outlook on the Indo – Pacific menjadi bagian konkret ” Imbuhnya
Dalam pertemuan ini, Indonesia juga mengutarakan pandangan serupa dalam pertemuan deangan ASEAN-Australia, ASEAN-Rusia, dan ASEAN-India.
Dilansir laman resmi Kemlu, PMCs tingkat Menlu ASEAN pada hari ini, Kamis (5/8) pertemuan dengan negara Rusia, Australia, India, East Asia Summit.
Besok, Jum’at (6/8) pertemuan ASEAN – Selandia Baru, dan ASEAN – Uni Eropa..
(Sumber : Kementerian Luar Negri RI)

Related posts

Ralf Rangnick Tertarik Gantikan Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United

admin

Presiden Jokowi Tiba Di Indonesia Langsung Menjalankan Karantina Mandiri Selama 3×24 Jam

admin

KPK Gelar Peringatan Hari Antikorupsi Se-Dunia, Firli Bahuri : Mari Bersatu Padu Membangun Budaya Antikorupsi

admin