Kabaratta.com
Berita Daerah EkoBis Kabar Barru

Proyek Pengaman Abrasi di Corawali Barru Dinilai Abaikan Safety Standar K3 Konstruksi

Proyek Pengaman Abrasi di Corawali Barru Dinilai Abaikan Safety Standar K3 Konstruksi

Kabaratta.com, Barru – Sejumlah Ormas dan LSM di Kabupaten Barru menyoroti Mega Proyek Pengaman Abrasi yang dikerjakan oleh PT Putra Mataram Perkasa, di Desa Corawali, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Menurut LSM HIB Barru melalui ketuanya Ir Samid bahwa proyek yang anggarannya sekitar Rp7 miliar lebih ini diduga tidak memiliki Amdal, UKL/UPL, yang mana dilokasi terdapat penimbunan bibir pantai Aluppangnge, Desa Corawali.

“Pada tanggal 18 September 2021 lalu kami melakukan investigasi dilokasi kegiatan dan kami menduga tidak ada Izin AMDAL yang nyatanya mengerjakan proyek di pesisir pantai,” kata Samid, disalah satu Warkop di Barru, pada Rabu (22/9/2021).

Menurut Samid, selain dugaan tidak ada Amdal, juga pekerja saat di lokasi tidak Safety dengan standar K3 Konstruksi.

“Dan tak kalah kelirunya lagi, papan informasi proyek sudah terpasang dilokasi tidak mencantumkan Pagu anggaran dan material batu diduga sebagian menggunakan material ilegal,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC LAKI Barru Andi Agus Gengkeng meminta pengawas lapangan dari dinas terkait agar memantau dengan teliti pelaksanaan kegiatan proyek tersebut.

“Kami minta agar pengawasan proyek harus tegas dan teliti agar kualitas bangunan sesuai RAB dan terpenting adanya bangunan itu harus dipikirkan dampak bagi warga setempat,” tegas Andi Agus.

Sementara itu, Pelaksana Lapangan Proyek pengaman abrasi Mais saat dikonfirmasi melalui telpon merasa geram dengan adanya wartawan yang datang ke lokasi kegiatan proyek.

“Siapa yang kasihki izin datang foto-foto di situ,” kata Mais dengan nada lantang.

Terkait hal itu, Ketua JNI Barru Hasyim merasa keberatan dengan pernyataan Mais.

“Penting diketahui bahwa wartawan tidak boleh dihalangi untuk menjalankan tugas sesuai undang – undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers,” tutupnya.

Reporter: Rosman Pandi
Redaksi: Ahmad

The post Proyek Pengaman Abrasi di Corawali Barru Dinilai Abaikan Safety Standar K3 Konstruksi appeared first on Simpul Rakyat.

Related posts

Back To Hometown For Takalar, Daeng Manye Berikan Kontribusi Positif Bagi Masyarakat

admin

Rapat Pleno, KPU Pangkep Tetapkan DPB 237.962 Pemilih Per September

admin

Sombere’ Smart Sikola, Program Revolusi Pendidikan Pemkot Makassar

admin