Kabaratta.com
Headline hubungan bilateral India internasional Konfrontasi Perbatasan Sengketa

Sengketa Perbatasan Himalaya, Wang: China Selalu Tangani Masalah Perbatasan dengan Baik dan Positif

Sengketa Perbatasan Himalaya, Wang: China Selalu Tangani Masalah Perbatasan dengan Baik dan Positif
Kabaratta.com – India melalui Menteri Luar Negeri mengatakan kepada China bahwa hubungan bilateral mereka hanya akan berkembang ketika kedua negara menarik pasukan mereka kembali dari konfrontasi di perbatasan Himalaya yang disengketakan.

 

Ribuan tentara India dan China terkunci dalam konfrontasi kedua negara di Himalaya barat sejak tahun lalu ketika permusuhan atas sengketa perbatasan puluhan tahun meledak.

 

Setelah beberapa pertemuan dalam pembicaraan antara komandan mereka, pasukan mereka telah melangkah mundur di beberapa bagian perbatasan, termasuk danau Pangong Tso, daerah yang diperebutkan di dekat lokasi bentrokantahun lalu. Tetapi pasukan yang didukung oleh artileri tetap dekat di sektor-sektor lain.

 

China selalu menangani masalah perbatasan China-India dengan baik dan dengan sikap positif. Kedua belah pihak harus bekerja sama untuk menjaga perdamaian dan ketenangan di daerah perbatasan, dan menghentikan insiden perbatasan berulang, kata Wang.

 

Sebagai dua negara berkembang utama, China dan India harus mendorong hubungan bilateral kembali ke jalur yang sehat dan stabil.

 

China dan India berperang di perbatasan sejak tahun 1962 dan tidak pernah menyelesaikan perselisihan tersebut. Meski begitu, dalam beberapa tahun terakhir, hubungan perdagangan mereka telah berkembang.

 

Penting juga bahwa China tidak melihat hubungannya dengan India melalui kacamata negara ketiga, katanya kepada Wang.

 

Kedua pejabat tinggi berada di Dushanbe untuk pertemuan Organisasi Kerjasama Shanghai. Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Narendra Modi akan berbicara pada pertemuan itu melalui tautan video pada hari Jumat, (17/9).

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Hubungan Bilateral, Konfrontasi Perbatasan, India vs China, Hubungan Perdagangan.

Related posts

Wamenlu RI Membuka Lokakarya Ke-30 Laut China Selatan

admin

Hasil Liga Inggris: Kemenangan Perdana Arsenal, Debut Manis CR7

admin

Perusahaan China Sediakan Ribuan Robot untuk Bantu Jasa Pengiriman Selama Pandemi

admin