Kabaratta.com
olahraga

Yongky, Atlit Sprinter Jabar, Targetkan 4 Medali Emas di PEPARNAS 2021 Papua

Yongky, Atlit Sprinter Jabar, Targetkan 4  Medali Emas di PEPARNAS 2021 Papua

Yongky Suseno, sprinter PEPARNAS JABAR 2021(kaos biru), bersama Farhan guide, saat berlatih di Stadion Atletik Pajajaran Bandung.

Bandung.Kabaratta.com.- Yongky Suseno, atlet (sprinter) disabilitas asal National Paralimpic Commette of Indonesia(NPCI) Kota Bandung yang sedang dipersiapkan  tampil pada Pekan Paralimpic Nasional PEPARNAS di Papua 2021, merupakan andalan Jawa Barat pada 4 nomor yakni,100-2000 – Estafet 4 x100 meter dan Lompat Jauh.

 

 Dijumpai Internasionalmedia.id, pertengahan pekan ini di lintasan Atletik Stadion Pajajaran Bandung,Yongky yang didampingi guide Farhan menyatakan, ia ingin meraih 4 medali emas.

 

“Saya, sebetulnya hanya dibebani target 2 medali emas oleh NPCI Jabar di PEPARNAS 2021. Tetapi, saya akan berusaha sekuat tenaga untuk meraih 4 medali emas,”katanya bersemangat.

 

Kebeneran lombanya jarak pendek. Saya lebih termotivasi turun pada nomor jarak pendek dibanding jarak menengah. Kalau jarak pendek itu kan ada daya ledak awal ketika start.Ini menarik.

 

Saya ditangani pelatih Ade Anang Kosnandar dan Tonton Setiawan. Saya menikmati latihan, saya juga nggak memikirkan adanya isue bakalan ada nomor elite yang akan diikuti atlet-atlet pelatnas Asian Paralimpic games. Saya hanya berupaya sekuat tenaga dalam latihan untuk meraih target,tambahnya.

 

Pada PEPARNAS nanti Yongky akan mendapat lawan tangguh dari atlet disabilitas Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

 

Memang ada nama Nanang dari Jawa Tengah, kemudian Andre Bagus dari Jawa Timur yang pernah tampil pada nomor 800meter final, dan saya meraih medali emas PEPARNAS 2016.

 

Waktu itu saya juga meraih medali perak nomor 1500 meter. Tetapi di Papua nanti, nomor 800 – 1500 meter tidak dilombakan. Ya justru saya asyik dinomor pendek. Kalau atlet tuan rumah Papua yang akan jadi lawan saya di Peparnas, tidak tahu, ungkapnya.

 

Pada era 90-an Yongky Suseno,  adalah pemain bolavoli, satu angkatan dengan Uus Susansyah yang ketika PON 16, Uus menjadi pelatih tim  PON Jabar.

 

Hanya karena setelah indera penglihatannya mengalami gangguan, Yongky Suseno, dengan style klimisnya, rambut digelung kecil dibelakang, memang tekun berlatih tanpa pamrih.

 

Konon dengan falsafah hidup ” kumaha brehna” menjadi pijakan hidupnya, terlebih dengan motivasi dari NPCI Kota Bandung terutama Adik Fachroji Ketua dan NPCJ Jabar, menambah spirit berlatih sejak awal 2020.

 

Yongky temasuk 59 atlet pelatda Peparnas Jabar berikut 15 atlet pelatnas Asian Paralimpik game dari 12 cabang olahraga binaan NPCI Kota Bandung,  menjadi kekuatan PEPARNAS Jabar. (PH)

 

 

 

 

Related posts

Kroser Jabar Kejar Top Three PON Minimal 1 Emas

admin

Kepengurusan 10 Cabang Olahraga Dikukuhkan Bupati Lamongan

admin

Tinju Jabar Tak Akan Gubris Kekuatan Lawan pada PON Papua

admin